Resume E-COMMERCE
![]() |
Add caption |
“E-COMMERCE”
Pengertian E-COMMERCE
adanya
komersial internet di awal tahun 1990-an maka muncul istilah ElectronicCommerce.
Alasan bagi pesatnya perkembangan teknologi tersebut karena perkembangan
jaringan, software, meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.
‘’E-commerce
adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa
melalui internet.’’
jadi
E-Commerse pada umumnya merujuk pada semua bentuk transaksi komersial yang
menyangkut organisasi dan individu yang didasarkan pada pemrosesan dan
transmisi data
yang digitalisasikan,
termasuk teks, suara dan gambar.
Jenis E-commerce
1. Business-To-Business
(B2B)
Pada business-to-business,
perusahaan menjual untuk bisnis- bisnis
lainnya. B2B adalah segmen E-Commers yang paling
besar. Per 2006, sebagian besar $16 trilyun
perdagangan B2B di Amerika Serikat akan dilakukan pada
Internet Sebelum Internet, B2B secara relatif tidak efisien.
Dia membutuhkan waktu dan sumber
daya untuk pencarian produk, mengatur
pembelian dan pembayaran, mengatur
pengiriman, dan kemudian untuk menerima barang. Dengan
mengotomatiskan paling sedikit bagian dari proses pengadaan tersebut diatas dapat dipersingkat, berarti
biaya-biaya organisasi dapat dihemat.
2.
Business-To-Consumer (B2C
Pada business-to-consumer, bisnis on-line mencoba
untuk menjangkau konsumen individu.Kita
dapat menguji model yang berbeda bahwa bisnis on-line
digunakan untuk menghasilkan pendapatan. Pada advertising
revenue model, suatu Web site menawarkan informasi para penggunanya atas jasa dan
produk, dan menyediakan suatu kesempatan untuk penyedia untuk mengiklankannya.
Dan perusahaan menerima pembayaran dari iklan tersebut.Contohnya, Yahoo.Com
memperoleh pendapatan utamanya dari penjualan iklan seperti banner ads.
3.
Consumer-To-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer mengijinkan
konsumen untuk menjual satu sama lain dengan bantuan dari pembuat pasar on-line
seperti situs lelang eBay Inc. (www.Ebay.Com). Di dalam C2C, konsumen menyiapkan
produk untuk pasar, menempatkan produk yang dijual atau tersedia pada
pelelangan, dan mempercayakan kepada
pembuat pasar untuk menyediakan kemampuan transaksi dan search engine, sehingga
produk mudah ditampilkan, ditemukan, dan dibayar. Sebagai
gantinya penyedia pasar, eBay menerima sedikit komisi atas masing-masing penjualan.
4.
Peer-To-Peer (P2P) E-Commerce)
Peer-to-peer, menghubungkan ke
pengguna, membiarkan mereka untuk
berbagi file dan sumber daya komputer tanpa server umum. Memfokuskan untuk
membantu individu membuat informasi yang
tersedia untuk penggunaan seseorang dengan menghubungkan
para pemakai pada Web. Contoh situs P2P
adalah Napster.Com Dan My.Mp3.Com.Teknologi kedua-duanya digunakan dengan
mengijinkan konsumen untuk berbagi file dan jasa.
5.
M-Commerce
M-Commerce menyediakan akses ke
seseorang, setiap waktu, kapan saja dan
dimanapun yang menggunakan alat tanpa kabel. Jaringan tanpa kabel (wireless network)
menghubungkan para pemakai mobile ke Internet. Sebagai contoh, Amazon.Com telah
membuat situsnya yang dapat diakses oleh alat mobile tanpa kabel. Seperti
kebanyakan telepon selular yang semakin
meningkat dan rata-rata telah tersedia
dengan fasilitas WAP.
6.
Nonbusiness E-commerce
Lembaga non bisnis seperti akademis,
organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi sosial dan lembaga pemerintahan
yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya guna
meningkatkan operasi dan layanan publik.
7.
Intrabusiness (organiszational) E-commerce
Termasuk kategori ini adalah
semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang
melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.
Manfaat E-commerce
Bagi konsumen/pelanggan
a) memungkinkan
pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari
sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
b) memberikan
lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari
banyak vendor.
c) menyediakan
produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi
banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
d) memberi
tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di
electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
Bagi perusahaan
a)
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau
pelanggan diseluruh dunia.
b)
Memungkinkan perusahaan untuk memperoleh
barang atau layanan dari perusahaan lain secara cepat dengan biaya yang
minimal.
c)
Mempersingkat atau mengurangi jalur
distribusi pasar. Barang jadi lebih murah dan keuntungan menjadi lebih tinggi.
d)
Mengurangi (sebanyak 90%) biaya
pembuatan, proses, penyaluran, penyimpanan, dan mendapatkan informasi dengan
adanya proses digital.
Kerugian E-commerce
Bagi konsumen/pelanggan
a)
Perlunya Keahlian Komputer
b)
Biaya tambahan untuk mengakses internet
untuk ikut serta dalam
c)
e-commerce dibutuhkan koneksi internet
yang tentu saja menambah pos pengeluaran bagi konsumen .
d)
Berkurangnya waktu untuk berintergrasi
secara langsung dengan orang lain
e)
Berkurangnya rasa kepercayaan konsumen
Bagi perusahaan
a) Berkurangnya
rasa kepercayaan konsumen
b) Persaingan
tidak sehat
c) Masalah
kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih baru
Komentar
Posting Komentar